Monday, June 6, 2016

Pengertian Blok Axis


Blok Axis, atau yang lebih dikenal sebagai Blok Poros, adalah aliansi 3 negara Nazi Jerman, Jepang dan Italia pada Perang Dunia Kedua melawan Blok Allies atau Sekutu yang dipimpin oleh 3 negara besar saat itu, yaitu Komunis Soviet, Amerika dan Inggris. Nazi Jerman mempunyai wilayah kekuasaan hampir diseluruh tanah Eropa, Jepang menguasai wilayah Pasifik dan Asia, sedangkan Italia mendominasi sekitar laut Mediterania dan Afrika.

Blok Axis mempunyai keyakinan bahwa kekuatan Kapitalisme barat harus dihancurkan, ideologi tersebut hampir mirip dengan Komunisme yang juga menentang Kapitalisme dan pasar dunia. Tetapi Blok Axis juga terkenal sangat membenci Komunisme. Bahkan Blok Axis ini sendiri berdiri karena berawal dari “Pakta Anti-Komintern” pada November 1936 yang diciptakan oleh Jerman dan Jepang, Pakta ini bertujuan untuk saling bekerjasama untuk menentang dan membantu menyingkirkan paham Komunisme di wilayah jajahan masing-masing, yang nantinya Italia juga ikut bergabung tak lama kemudian.

Beberapa bulan kemudian, Jerman dan Jepang sepakat untuk menandatangani perjanjian kerjasama melawan Soviet. Pada bulan Mei 1939, Italia dan Jerman menandatangani perjanjian yang saat ini disebut sebagai “Pakta Baja”, yaitu perjanjian yang berisi tentang kerjasama Jerman-Italia dalam bidang ekonomi. Hal tersebut pada akhirnya mendorong ketiga negara tersebut untuk bersatu, dan pada tanggal 27 September 1940, ketiga negara tersebut menendatangani perjanjian kerjasama dalam bidang militer yang disebut dengan “Pakta Tripartit”. Dan aliansi Axis resmi didirikan.

Anak-anak Jerman, Jepang dan Italia berkumpul di Tokyo pada 17 Desember 1940 untuk merayakan bersatunya ketiga negara tersebut

20 November 1940, Rumania ikut masuk dan mendukung kekuatan Blok Axis. Slovakia juga ikut masuk dalam aliansi Axis 4 hari kemudian. Negara-negara kecil seperti Rumania dan Slovakia tidak mempunyai pilihan lain untuk mempertahankan kedaulatan negaranya, sehingga mereka terpaksa bergantung pada Nazi Jerman untuk melindungi negara mereka dari ancaman luar, terutama Uni Soviet.

Negara tetangga Rumania, Yugoslavia belum menentukan apakah mereka akan ikut juga dalam aliansi Axis atau tidak. Sedangkan Bulgaria masih ragu-ragu dengan kekuatan Axis, pemerintah Bulgaria juga tidak ingin terlibat permusuhan dengan Soviet. Oleh karena itu, Jerman memberi saran kompromi  dimana Bulgaria akan masuk dalam aliansi Axis, tetapi tidak akan memberi dukungan apapun terhadap Operasi Barbarossa (Invasi Jerman ke Soviet). Lalu pada Maret 1941, Bulgaria resmi bergabung dengan aliansi Axis.

Sementara itu Jerman menganggap Yugoslavia adalah negara Netral, karena negara tersebut sampai pada saat itu belum memutuskan apakah akan bergabung dengan Axis atau tidak. Hanya berselang 2 hari setelahnya, Yugoslavia mengalami kekosongan kekuasaan karena pemerintahnya digulingkan. Sehingga Blok Axis mudah masuk kedalamnya, akhirnya Yugoslavia menjadi wilayah jajahan Blok Axis dan dibagi menjadi 4 bagian.

Sementara kata “Axis”sendiri pertama kali diciptakan oleh Benito Mussolini pada September 1923 ketika ia mencari aliansi untuk melawan Yugoslavia dan Perancis dalam sengketa negara Fiume.

Jerman melancarkan Operasi Barbarossa pada tanggal 22 Juni 1941. Sekitar 4 hari kemudian, Finlandia bergabung mendukung kekuatan Axis dan ikut bertempur melawan Komunis Soviet. Finlandia berharap untuk merebut kembali tanah mereka yang telah direbut Soviet beberapa tahun silam.

Beberapa bulan setelahnya, tepatnya pada 7 Desember 1941, Jepang melancarkan serangan kejutan ke Pearl Harbor. Yang menyebabkan Amerika Serikat mau tidak mau harus bergabung dalam perang melawan Blok Axis. Hal ini tentu mengubah konflik tersebut dari yang awalnya adalah perang yang berbasis di Eropa, menjadi perang total yang berbasis di seluruh dunia. Ini juga adalah awal kelahiran aliansi Sekutu.

Pada awal perang, Blok Axis tumbuh menjadi aliansi raksasa super power dan mengakibatkan banyak negara tunduk pada mereka. Tapi seiring berjalannya waktu, Blok Axis mulai mengalami kemunduran secara terus menerus. Yang pada akhirnya mereka harus menelan kekalahan yang pahit.

Kemunduran Axis mulai terlihat setelah Benito Mussolini dibunuh dan dikudeta, Italia kemudian menyerah pada bulan September 1943. Pada Agustus 1944, Ion Antonescu, pemimpin Rumania juga digulingkan. Dimana yang pada akhirnya kedua negara tersebut bergabung dengan Sekutu.

 Mayat Benito Mussolini dan wanita simpanannya, Clara Petacci yang udah setengah hancur wajahnya akibat di siksa habis-habisan oleh puluhan orang dari partisan Komunis pada 28 April 1945

Sangat mengerikan


Lalu mayat mereka digantung terbalik dan diperlihatkan didepan publik kota Milan bersama 4 orang pendukung setianya (1 orang lainnya belum selesai digebukin)

Sejak awal tahun 1945, Nazi Jerman sudah sangat kewalahan menangkis serangan sekutu yang datang dari segala arah. Yang memang saat itu Nazi Jerman adalah satu-satunya anggota dari aliansi Axis yang berada di Eropa. Melihat kenyataan bahwa Jerman akan kalah perang, Hitler akhirnya bunuh diri di bunker-nya pada tanggal 30 April 1945. Seminggu kemudian, Karl Doenitz, selaku pemimpin tertinggi pasukan Nazi Jerman menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

Sekarang kekuatan Axis hanya bergantung pada Jepang. Jepang masih tetap melakukan perlawanan kepada Sekutu, sampai Sekutu sudah kehabisan akal untuk membuat Jepang menyerah. Pada akhirnya Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Dan 2 hari kemudian, satu bom atom lainnya dijatuhkan di Nagasaki. Ini adalah serangan bom Nuklir pertama dan terakhir dalam sejarah umat manusia, dimana setidaknya 240.000 orang meninggal dalam sekejap. Bom tersebut juga membuat jutaan bayi di Jepang lahir cacat dan mengalami mutasi genetika yang ekstrim karena terkena paparan radiasi dari bom tersebut.

Menteri Luar Negeri Jepang, Mamoru Shigemitsu, menandatangani dokumen 
kapitulasi Jepang di kapal USS Missouri pada 2 September 1945

Pasukan Sekutu di Paris langsung turun kejalanan dan bersenang ria
setelah mengetahui perang sudah berakhir

Dengan keadaan seperti ini, Kaisar Hirohito segera mengumpulkan para menterinya untuk berdiskusi mengenai negosiasi perdamaian dengan Sekutu yang mana saat ini dikenal sebagai Rapat 6 Besar. Dan Jepang secara resmi menyerah pada tanggal 2 September 1945. Perang Dunia Kedua pun berakhir dengan kekalahan Blok Axis.

Daftar Negara Anggota Blok Axis :

1.    Nazi Jerman, dibawah pimpinan Adolf Hitler
2.    Italia, dibawah Benito Mussolini
3.    Kekaisaran Jepang, dibawah Hideki Tojo dan Hirohito

Negara Boneka Jerman :
    
1.    Serbia
2.    Republik Sosialis Italia
3.    Slovakia

Negara Boneka Italia :

1.    Albania
2.    Montenegro
3.    Ethiopia

Negara Boneka Jepang :
    
1.    Manchukuo
2.    Mengjiang
3.    Nangking
4.    Burma
5.    Filipina
6.    Vietnam
7.    Laos
8.    Kamboja
9.    India

Negara Lainnya Yang Berkoalisi :

1.    Kroasia
2.    Vichy France
3.    Spanyol
4.    Denmark

Negara Bekas Anggota Blok Axis :

1.    Uni Soviet, keluar dari aliansi Axis sejak Invasi Jerman ke Soviet dalam Operasi Barbarossa
2.    Finlandia, bergabung dalam aliansi Sekutu tahun 1944
3.    Yugoslavia, memihak sekutu sejak 1941
4.    Italia, memihak sekutu sejak 1943
5.    Rumania, memihak sekutu sejak 1944
6.    Bulgaria, memihak sekutu sejak 1944