Panzerkampfwagen
VIII “Maus”, adalah tank kelas Super-Berat milik Nazi Jerman yang mulai
dikerjakan pada 1942 dan diselesaikan pada tahun 1944. Tank ini diyakini
sebagai tank terbesar dalam sejarah umat manusia.
Satu-satunya tank Maus didunia berada di Museum Tank Kubinka, Russia.
Foto diambil tahun 2009.
Secara
resmi, keseluruhan produksi tank Maus hanya berbentuk prototype, yaitu
Prototype V1 dan V2.
Prototype
V1, adalah prototype tank Maus pertama. V1 ini dikerjakan pada awal tahun 1942
dan selesai pada 24 Desember 1943. Prototype ini menggunakan mesin Daimler-Benz
MB 509 Diesel 12-cylinder dengan kekuatan mencapai 1.080 hp. Ditambah dengan
generator listrik untuk power supply cadangan. Generator listrik tersebut
memakan tempat hampir sepertiga badan tank, inilah yang menyebabkan turret tank
Maus didesain mentok kebelakang.
Track-nya
mempunyai lebar 1 meter dan tebalnya mencapai 10cm. Sementara armornya memiliki
ketebalan 200mm disetiap sisinya. Kecuali bagian belakang dan atas, yang mana
pada bagian belakang mempunyai armor 250mm dan bagian atas kemudian di-upgrade
menjadi 220mm, untuk mengatasi serangan pesawat Il-2 Shturmovik milik Soviet.
Prototype ini mempunyai total berat 188 Ton.
Meskipun
badan V1 sangat besar dan lebar, tetapi faktanya ruangan didalam tank ini
sangatlah sempit dikarenakan hampir 70% badannya termakan oleh mesin dan
perangkat lain. Bahkan, driver tidak bisa bergerak bebas, satu-satunya jalan masuk dan keluar bagi driver hanya dilubang palka diatas kepalanya.
Sebenarnya
prototype V1 sudah siap digunakan dimedan pertempuran, hanya saja turret-nya
belum diproduksi. Yang pada akhirnya, prototype ini dipasangi turret bohongan
yang terbuat dari kayu saat akan diuji coba. Uniknya, V1 ini diberi marking
logo palu arit Komunis dibagian sisi sampingnya, entah apa maksudnya.
V1 yang ambles kedalam lumpur saat diujicoba, 1944
Proses pengecatan V1
V1 saat ditemukan oleh pasukan Soviet.
Btw, jika kalian teliti, kalian akan menemukan marking
palu arit Komunis pada ketiga foto diatas.
Prototype
V2, adalah prototype tank Maus terakhir, selesai diproduksi pada Maret 1944,
dan lagi-lagi tanpa turret. Turret V2 baru selesai pada akhir tahun 1944.
Secara
keseluruhan, V2 tidak terlalu berbeda dengan V1. Yang mana hanya ada sedikit
peningkatan performa pada mesin dan power supply cadangan. Dan mungkin juga sedikit upgrade pada armor. V2
menggunakan mesin Daimler-Benz MB 517 dengan kekuatan 1.200 hp. Prototype V2 ini mempunyai berat kira-kira 200 Ton.
Proses uji coba V2
Prototype V1 dan V2 mempunyai persamaan persenjataan yang dipakai.
Yaitu meriam KWK 44 L/55 kaliber 128mm untuk persenjataan utama, meriam dengan kaliber
sebesar itu bisa menghancurkan segala jenis kendaraan tempur semasa Perang Dunia
Kedua. Sedangkan meriam 75mm KWK 44 L/36.5 dan senapan MG-34 kaliber 7.92mm digunakan untuk persenjataan tambahan yang akan dipasangkan secara Coaxial. Sayangnya,
turret V1 tidak pernah selesai diproduksi keburu perang sudah berakhir. Dan
hanya prototype V2 yang pernah digunakan dalam medan pertempuran.
Foto terakhir V2 yang masih "hidup"
Meskipun
begitu, peran tank Maus dalam Perang Dunia Kedua tidak begitu signifikan, Maus
pernah terlihat berkeliaran disekitar kota Berlin .
Sampai pada akhirnya kru-nya sendiri menghancurkan tank tersebut karena
mesinnya mogok dan takut akan digunakan kembali oleh musuh. Hanya ada satu unit
tank Maus yang tersisa, dikarenakan V1 ini tidak punya turret, bagian turret V2
yang hancur tadi dikumpulkan dan kemudian dipasang lagi ke badan V1 oleh
pemerintah Soviet. Dan sekarang tank ini berada di Museum Tank Kubinka.
V2 yang ditemukan hancur disekitar Zossen.
(dilihat dari berbagai sisi)
Spesifikasi
(V2)
Nama Resmi : Sd.Kfz.205 Panzerkampfwagen VIII
Type
: Tank kelas Super-Berat
Negara
Asal : Nazi Jerman
Diproduksi
: 1944
Total
Produksi : 1 unit
Berat
: 200 Ton
Panjang
: 10,2 meter
Lebar
: 3,71 meter
Tinggi
: 3,63 meter
Kru
: 6 Orang
Armor
: 200mm (depan), 180mm (sisi samping), 150mm (belakang), 220mm (atas)
Persenjataan
Utama : 128 mm KWK 44 L/55 (68-Rounds)
Persenjataan
Tambahan (Co-Axial) : 75 mm KWK 44 L/36,5 (100-Rounds), 7.92 mm MG-34 (1.000-Rounds).
Mesin
: Daimler-Benz MB 517, 1.200 hp
Kapasitas
Bahan Bakar : 2.700 liter, dengan tambahan tangki eksternal 1.500 liter.
Jarak
Operasional : 160 km (Jalan Raya), 62 km (Off-Road)
Kecepatan
Max. : 20 kmph
Kecepatan
Rata-rata : 18 kmph