Tuesday, August 23, 2016

Decima Flottiglia MAS, Pelopor Pasukan Katak Modern

Selama Perang Dunia ke-2, militer Italia memang selalu dianggap remeh dan diragukan kemampuannya. Tapi tidak untuk unit yang satu ini.

Emblem pasukan Katak Flottiglia MAS

Decima Flottiglia MAS, atau Decima Flottiglia Mezzi d'Assalto. Juga dikenal sebagai La Decima atau Xa-MAS. Merupakan sebuah unit komando khusus elit Pasukan Amfibi yang dibentuk dan dikomando oleh Regia Marina (Angkatan Laut Italia) pada masa rezim Benito Mussolini.

Keganasan unit ini tidak bisa diragukan lagi, unit ini menjadi mimpi buruk bagi kapal-kapal perang atau bahkan kapal-kapal suplai milik sekutu yang sedang berlabuh. Pengerahan pasukan kedalam air seperti ini adalah strategi perang baru yang cukup unik saat itu.


Seorang anggota Pasukan Xa-MAS dan seragam renangnya

Poster perekrutan anggota baru Xa-MAS pada 
masa Republik Sosial Italia (1943-1945)

Decima Flottiglia mulai dibentuk pada tahun 1941. Selama 3 tahun aktif, unit ini berhasil menunjukkan keganasannya dan membuat Angkatan Laut sekutu kalang-kabut. Bukan hanya kapal-kapal perang yang menjadi target oleh unit ini, tetapi kapal-kapal dagang dan kapal pengirim suplai juga turut menjadi mangsa. Oleh karenanya, Adolf Hitler dengan terus terang pernah menyatakan bahwa dirinya menyesalkan hal tersebut, Hitler lebih berharap pasukan tersebut bisa menjarah suplai-suplai dari kapal sekutu daripada menghancurkannya.  


Beberapa anggota Xa-MAS sedang menginspeksi torpedo mereka
yang nantinya akan digunakan

Sisa-sisa torpedo SLC di museum Roma


Dalam menjalankan operasinya, unit ini menggunakan sebuah torpedo berkekuatan ledak tinggi yang sudah dimodifikasi supaya bisa dinaiki dan digerakkan, yang diberi nama SLC (Siluri a Lenta Corsa), tetapi dijuluki sebagai "Maiale" oleh kalangan pasukan ini. Cara kerja torpedo ini seperti menaiki sebuah kapal, dimana saat para kru sudah menentukan target, mereka akan megunci kemudi sehingga bisa melaju dengan lurus. Sementara para kru menjauh dari area ledakan.


Beberapa pasukan Xa-MAS dengan Speedboat mereka

Sebelum diciptakannya torpedo SLC, unit ini menggunakan kapal cepat kecil (Speedboat) yang dirancang untuk membawa bahan peledak seberat kira-kira 300 Kg. Cara kerjanya sama dengan menggunakan SLC. Hanya saja Speedboat ini melaju terlalu kencang, sehingga berkemungkinan sasaran tidak akurat. Selain itu, biaya produksi juga lebih mahal.


Junio Valerio Borghese, salah satu pemimpin unit Xa-MAS

Setelah runtuhnya rezim Fasis Italia pada tahun 1943, unit ini direkrut oleh militer Nazi Jerman untuk menjadi pasukan pembantu anti-Partisan. Dan pada 26 April 1945, Decima Flottiglia dibubarkan oleh Junio Valerio Borghese dan pemimpinnya diadili.

Daftar keseluruhan korban unit Xa-MAS :

- Maret 1941 (Suda Bay) : Kapal penjelajah HMS York, Kapal Tanker "Pericles"

- September 1941 (Gibraltar) : Kapal Tanker "Denby Dale" dan "Fiona Shell", Kapal Motor ringan "Durhamm"

- Desember 1941 (Alexandria) : Kapal perang HMS Queen Elisabeth dan HMS Valiant (tetapi 2 kapal ini berhasil selamat dan diperbaiki lagi), Kapal Tanker "Sagona", Kapal Destroyer HMS Jarvis

- Juni 1942 (Sebastopol) : Transport Militer (milik Soviet), dan juga 2 kapal selam (yang juga milik Soviet)

- Juli 1942 (Gibraltar) : Steamship "Meta", "Shuma" dan "Baron Douglas"

- Agustus 1942 (El-Daba) : Kapal Destroyer HMS Eridge

- September 1942 (Gibraltar) : Steamship "Raven's Point"

- December 1942 (Algier) : Steamship "Ocean Vanquisher", "Berta" dan "Armattan", kapal tanker "Empire Centaur", Transport Militer N.59 (milik US)

- Mei 1943 (Gibraltar) : Steamship "Pat Harrison", "Mahsud" dan "Camerata"

- Juli 1943 : kapal motor "Orion" (Alexandretta) dan "Kaituna" (Mershina)

- Agustus 1943 : kapal motor "Fernplant" (Alexandretta), Steamship "Harrison Gray Otis" dan "Stanridge", kapal tanker "Thorsovni" (Giblartar)