Tuesday, August 16, 2016

Rommel's Asparagus


Rommel's Asparagus, atau Rommelspargel, adalah senjata defensif sederhana milik Nazi Jerman yang digunakan untuk merusak atau bahkan membunuh para penumpang pesawat glider musuh saat melakukan landing.

Erwin Rommel, sang Jenderal penggagas ide tersebut

Ratusan "Rommel's Asparagus" yang dipasang disebuah ladang di Perancis 

Rommel's Asparagus biasanya terbuat dari kayu atau besi dengan panjang 3-4 meter yang ditancapkan di tanah, biasanya juga dipasang kawat berduri dan ranjau darat diatasnya untuk menambah damage dari benda tersebut. Rommel's Asparagus banyak terlihat di Perancis saat D-Day 1944 berlangsung, benda ini biasanya ditancapkan di tanah lapang, padang rumput dan tempat-tempat lain yang dianggap strategis untuk tempat pendaratan pesawat.


Sebuah "Rommel's Asparagus" yang diberi ranjau darat 
diatasnya biar tambah greget


Meskipun benda ini sangat sederhana, tetapi sudah tak terhitung lagi berapa pesawat glider milik sekutu yang menjadi korbannya. Btw, benda ini dinamai "Rommel's Asparagus" karena Erwin Rommel lah yang menciptakan gagasan ini. Tapi benda ini punya nama resmi Luftlandehindernis, atau "Penghalang Pesawat" dalam artian kasarnya.



Salah satu dari ratusan korban akibat menabrak "Rommel's Asparagus"
konon, setengah dari seluruh penumpangnya meninggal

Sebuah pesawat Glider milik Amerika yang crash akibat menabrak 3 batang "Rommel's Asparagus", untungnya tidak ada korban jiwa

Beberapa tentara Amerika mencoba untuk menggulingkan batang-batang kayu "Rommel's Asparagus" karena nantinya lapangan ini akan digunakan sebagai landing glider

 Seorang tentara Amerika yang kepalanya pecah karena tertimpa 
batang kayu "Rommel's Asparagus" beberapa saat setelah 
sebuah glider menabrak batang kayu tersebut

Foto seorang pasukan Fallshirmjager dan senapan MG-nya dengan puluhan batang "Rommel's Asparagus" dilatar belakang fotonya-nya.


Sisa-sisa "Rommel's Asparagus" yang sudah berlumut dan termakan usia,
foto diambil tahun 2006