Friday, August 26, 2016

Molotov Cocktail, Senjata Sederhana Dengan Sejarah Unik

Molotov Cocktail, atau Bom Molotov, adalah sebuah bom pembakar yang sangat sederhana dan murah. Saking sederhananya, semua orang bisa membuat bom ini dari peralatan rumah tangga sehari-hari. Itulah sebabnya bom ini banyak digunakan oleh para demonstran, penjahat, gangster, berandalan, preman dan kelompok terorisme. Selain sederhana dan murah, bom ini juga memberikan efek terbakar yang cukup signifikan.

Bom Molotov awalnya digunakan oleh para pejuang Finlandia untuk mempertahankan tanah mereka dari upaya penjajahan pasukan Uni Soviet pada Perang Musim Dingin tahun 1939.


Pasukan Infanteri Jerman merakit bom Molotov.

Partisan Perancis dan dibantu oleh beberapa pasukan sekutu menyiapkan 
bom Molotov untuk penyerbuan pembebasan Paris.

Bom ini sangat ampuh untuk melawan tank-tank milik Soviet, mekipun tidak bisa memberikan kerusakan pada tank tersebut. Tetapi efek bakarnya sangat kuat hingga memaksa para crew untuk keluar. Jika pun para crew berhasil keluar dari tank, mereka akan dihadapkan oleh para pejuang Finlandia yang sudah siap menembaki mereka.


Rekomendasi target lemparan Molotov untuk melumpuhkan tank.

Btw, nama "Molotov Cocktail" ini awalnya adalah sebuah sindiran terhadap Vyacheslav Molotov, yang mana ia adalah Menteri Luar Negeri Soviet pada masa rezim Komunis Josep Stalin. Mulanya, Angkatan Udara Soviet sering melanggar batas negara dan mengebom wilayah-wilayah Finlandia. Tetapi Vyacheslav malah mengatakan ke media massa kalau pemerintah Soviet selalu mengirimkan bantuan pangan lewat udara ke wilayah Finlandia. Lalu oleh para pejuang, bom-bom ini dinamai "Molotov's Bread Basket", atau yang berarti "Wadah Roti Molotov". Karena itulah diciptakannya "Molotov Cocktail" (Cocktail = minuman beralkohol), yang mana Molotov Cocktail ini ceritanya untuk menemani "hidangan" Molotov's Bread Basket tersebut.


"Molotov's Bread Basket", adalah bom yang bernama asli RRAB-3, bom ini berjenis Cluster Bomb.
Yang mana berarti bom ini memiliki ribuan butir bom-bom kecil didalamnya yang akan menyebar kesegala arah setelah cangkang luarnya mengelupas.


Vyacheslav Molotov.

Puluhan botol bom Molotov milik pasukan Finlandia yang 
disita oleh tentara Soviet.

Sebenarnya, senjata ini hanya digunakan oleh para pejuang Finlandia. Tetapi lama kelamaan, negara-negara seperti Nazi Jerman, Jepang, Inggris, Amerika dan bahkan Soviet sendiri juga ikut-ikutan menggunakan Molotov Cocktail ini. Konon, pejuang Indonesia juga sering menggunakan bom Molotov untuk pengganti granat tangan yang pada saat itu tentulah jumlahnya sangat-sangat terbatas. 

Seorang pasukan Amerika dengan bangga berpose dengan bom Molotov 
rampasan milik pasukan Jerman di Normandia. 

Pasukan Amerika dan beberapa bom molotov rakitan mereka.